Tarutung Kota Wisata Pemandian Air Panas

pemandian air panas

topmetro.news – Kota Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara dengan iklim yang sejuk memiliki potensi wisata yang luar biasa. Di antaranya wisata pemandian air panas yang sebagian besar pengelolaannya sudah profesional.

Banyak terdapat sumber air panas di Tarutung dan sekitarnya. Dugaan kuat, air panas ini bersumber dari jalur vulkanik yang berada di bawah kawasan Tarutung. Khususnya di kawasan Lereng Bukit Barisan, pemukiman jajaran Perkampungan Hutabarat.

Ada banyak usaha pemandian air panas di kawasan ini yang puluhan tahun dikelola apa adanya.

Namun saat ini, beberapa pengusaha sudah menginvestasikan modalnya pada usaha pemandian modern. Mengelola pemandian yang memberi kenyamanan bagi pengunjung dengan membuat kolam renang untuk berendam dengan air yang sudah melalui pendinginan sekitar 50%.

Falitas pemandian kolam renang juga tersedia untuk anak-anak atau balita dengan pengawan orangtua.

Untuk penyeimbang pengeloaan usaha modern, pemandian air panas ini mengutip retribusi dari pengunjung dalam jumlah yang relatif murah. Namun demikian, bagi warga masyarakat lokal dan penikmat berkantong paspasan, masih ada puluhan pemandian di Kawasan Hutabarat yang terbuka untuk siapa saja. Hanya mengharapkan tamu-tamu minum kopi/teh, makan telur, dan mie instan.

Selain di Kawasan Hutabarat Tarutung, pemandian air panas juga ada di Sipoholon yang lengkap kolam renang, restoran bahkan hotel.

Wisata pemandian air panas di Tarutung dan Sipoholon sangat mudah untuk dikunjungi. Karena umumnya berada di pinggir jalan besar.

Wisata Air Soda

Selain pemandian air panas, di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung terdapat juga pemandian yang rasa airnya seperti soda. Sehingga objek wisat ini disebut Pemandian Air Soda.

Banyak pengunjung yang percaya jika kandungan tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain untuk berobat, pemandian itu juga sering menjadi spot foto bagi anak muda. Mereka sengaja datang jauh-jauh demi mendapatkan foto terbaik dan cantik.

Hampir setiap minggu wisatawan dari luar Tapanuli Utara berkunjung ke Pemandian Air Soda, dengan alasan ingin menikmati air yang mereka anggap bisa menyembuhkan penyakit.

Begi wisatawan yang berkunjung ke Tarutung, banyak akomodasi yang tersedia, seperti hotel yang berada di Jalan Tarutung. Jadi, kalau terlalu malam dari pemandian, bisa menginap di hotel yang ada.

penulis | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment